Find Other Article...

7 Pengobatan Alami Untuk Kolesterol

Posted by: Adi W Sanjaya Updated at : 04:32
Kolesterol adalah zat lemak berwarna kekuningan yang sangat penting untuk mempertahankan fungsi tubuh normal. Ini bukanlah penyakit, tetapi dapat menjadi penyebab banyak penyakit jika kadar kolesterol tidak dipertahankan. Kolesterol diproduksi di hati dan tingkat normal kolesterol bervariasi antara 150-200mg. per 100 ml. Setiap kenaikan kadar kolesterol di atas normal dapat menunjukkan risiko penyakit jantung. Ada berbagai faktor yang menyebabkan kolesterol tinggi seperti obesitas, gaya hidup, merokok, konsumsi alkohol dan makan diet tinggi lemak. Kolesterol bisa karena keturunan juga; jika Anda memiliki riwayat keluarga penyakit jantung koroner maka kadar kolesterol Anda dapat menyeberangi batas normal jika tidak diurus.

Tingkat Kolesterol Bisa Mudah Dikelola Dengan Pengobatan Alami


Bawang putih

Bawang putih adalah ramuan menakjubkan. Tumbuhan memiliki kapasitas untuk menyembuhkan banyak penyakit. Bawang putih membantu mencegah pengerasan arteri dan itu membuat kadar kolesterol berada dalam batasnya. Anda dapat menggabungkan bawang putih dalam diet harian Anda dengan cara makan mentah atau menambahkan pasta bawang putih untuk sayuran atau sup. Manfaat Bawang putih tidak akan berkurang dengan cara bagaimanapun anda mengkonsumsinya.
Anda juga bisa membaca artikel seputar Tumbuhan Obat Tradisional Kolesterol Tinggi Daun Salam pada link berikut: http://sehatcenter.co​m/tumbuhan-obat​-tradisional-ko​lesterol-tinggi​-daun-salam/

Isabhgol (Psyllum Husk)


Isabhgol adalah ramuan yang tersedia dalam bentuk kulit. Isabhgol membantu dalam membersihkan usus besar dan minyak yang diekstrak dari bijinya membantu menjaga kadar kolesterol. Satu sendok teh minyak biji Isabhgol harus diambil setiap hari untuk menjaga tingkat kolesterol Anda dalam batas normal.

Biji Ketumbar
Biji ketumbar membantu menurunkan kadar kolesterol dan memperkuat sistem pencernaan. Anda bisa membuat rebusan dengan mendidihkan 1 sendok teh biji ketumbar di satu gelas air dan meminumnya sekali setiap hari. Anda juga bisa mengunyah ½ sendok teh ringan biji ketumbar panggang atau menelan langsung dengan setengah gelas air hangat untuk manfaat yang sama. Biji ketumbar juga bagus sebagai penyegar mulut besar.

Bawang

Bawang adalah ramuan umum yang tersedia di setiap rumah tangga. Jus bawang bisa bertindak sebagai pengencer darah dan mencegah pembentukan bekuan darah dalam tubuh. Dengan demikian, bawang merupakan obat alami yang efektif untuk menjaga tingkat kolesterol di bawah kontrol. Bawang juga bisa dimakan mentah dalam bentuk salad dan umumnya digunakan dalam semua jenis masakan.

Kenari

Kenari mengandung jumlah tinggi asam lemak Omega 3 yang membantu menjaga kadar kolesterol normal. Kenari juga merupakan sumber yang kaya vitamin E, B dan mineral lainnya. Ini membantu untuk mencegah penyakit jantung dan merupakan tonik otak yang sangat baik. Anda harus makan setidaknya 3- 4 kenari setiap hari sebagai obat alami untuk kolesterol.

Latihan

Seiring dengan makanan yang disebutkan di atas sebagai obat alami untuk kolesterol, olahraga teratur juga diperlukan untuk menjaga tingkat kolesterol Anda di bawah kontrol. Anda dapat mengambil bentuk aktivitas fisik seperti jalan cepat, jogging, berenang atau bersepeda sesuai dengan usia Anda.

Perhatikan Diet Anda

Hindari merokok dan konsumsi alkohol yang berlebihan. Mengurangi asupan makanan yang kaya seperti makanan digoreng, minuman soda dan makan diet rendah sodium.

Sumber Makanan untuk Menurunkan Kolesterol

Posted by: Adi W Sanjaya Updated at : 23:26
Siapapun selalu bisa mendapatkan manfaat dari makan makanan penurun kolesterol. Namun, jika Anda memiliki riwayat penyakit jantung dari keluarga Anda atau jika hasil cek menurut dokter kolesterol Anda terlalu tinggi, maka makan makanan yang menurunkan kolesterol benar-benar penting. Untuk Cara Cepat Menurunkan Kolesterol bisa Anda kunjungi tautan berikut http://sehatcenter.com/cara-cepat-menurunkan-kolesterol-secara-alami/

Karena tidak diragukan lagi Anda perlu menyadari bahwa tingginya tingkat kolesterol berkontribusi terhadap segala macam masalah kardiovaskular. Jadi kalau Anda kemudian fokus pada makanan rendah kolesterol maka ini sudah pasti ide yang lebih baik dari biasanya.

Apakah itu berarti bahwa Anda harus menghentikan semua kolesterol dari diet Anda? Tentu Tidak perlu!

Seperti halnya semua makanan, kuncinya adalah untuk memperoleh keseimbangan yang baik. Jika tujuan Anda memangkas agar kolesterol benar-benar keluar dari diet Anda, maka tubuh Anda kemungkinan besar justru harus berjuang mengatasi masalah yang lain.

Perlu Anda tahu, 20% dari kadar kolesterol harian Anda berasal dari makanan yang Anda makan sepanjang hari, jelas bahwa makan makanan penurun kolesterol akan membantu menurunkan angka kolesterol jahat Anda, serta kadar kolesterol Anda secara keseluruhan.

Makanan Rendah Kolesterol


Seperti kebanyakan diet, semua makanan yang menyenangkan dan enak untuk dimakan, keseimbangan adalah kuncinya.

Namun, ada banyak makanan penurun LDL yang dapat Anda gunakan untuk membuat alternatif  makanan yang tetap lezat untuk Anda makan. Jadi cobalah cari daftar makanan rendah kolesterol sehingga membantu anda membuat rencana makan yang sehat setiap hari, mungkin letakkan di kulkas atau di tempat lain di dapur, dan bawalah ketika Anda pergi berbelanja makanan.

Serat larut

Asupan harian antara 5 dan 10 mg makanan yang mengandung serat larut dapat membantu mengurangi tingkat kolesterol total karena membantu untuk memblokir penyerapan kolesterol dari makanan yang Anda makan. Hal ini membuat lebih mudah bagi tubuh Anda untuk memproses secara alami.

Outmeal

Salah satu sumber yang tinggi akan serat larut, oatmeal adalah salah satu makanan terbaik untuk menurunkan kolesterol Anda. Mulai hari Anda bisa mencoba sarapan dengan memasak 2 cangkir oatmeal yang dapat memberi Anda 6 gram serat larut secara langsung.

Kacang, Pisang, Apel dan banyak lagi

Serat larut juga tersedia dalam makanan penurun kolesterol seperti:

* Kacang merah
* Pisang
* Apel
* Barley
* Plum
* Pir

Ikan Merah atau Putih yang Mengandung Minyak ikan Omega 3

Setiap jenis ikan putih atau merah yang mengandung omega 3 akan membantu untuk mengurangi kolesterol Anda meski tidak secara teknis menjadi makanan penurun kolesterol. Omega 3 akan membantu mengurangi tekanan darah Anda, yang pada gilirannya mengurangi tekanan pada arteri dan penyumbatan.

Olehkarenanya jelaslah bahwa menjadi penting untuk tidak memasak ikan menggunakan minyak goreng atau mentega yang tinggi lemak, dan dengan demikian manfaat dari omega 3 kemudian akan sebanding dengan kolesterol tambahan yang akan anda masukkan kedalam tubuh Anda.
Anda juga dapat mengambil minyak ikan omega 3 sebagai suplemen makanan, baik dalam bentuk cair maupun dalam bentuk kapsul.

Bahkan lebih baik, ada suplemen makanan kualitas tinggi yang disebut minyak krill yang memiliki kualitas yang sama dengan minyak ikan terbaik dan sangat bermanfaat dalam berbagai cara (beberapa orang menyebut minyak krill adalah minyak ikan terbaik meskipun krill sebenarnya adalah krustasea kecil dan bukan ikan).
Terlepas dari semua itu, minyak krill adalah antioksidan yang kuat.

Kacang-kacangan dan Almond

Mungkin sedikit aneh memasukkan kacang pada daftar makanan penurun kolesterol mengingat bahwa kacang umumnya kaya akan lemak dan protein.
Namun, lemak yang perlu Anda khawatirkan adalah lemak jenuh, sedangkan kacang-kacangan seperti kenari dan almond mengandung kadar tinggi lemak tak jenuh ganda, yang benar-benar tidak masalah.

Makan segenggam kecil, atau sekitar 2 ons (56 gr.), setiap hari makanan penurun kolesterol ini sangat dianjurkan untuk membantu menurunkan kadar kolesterol Anda.
Sangat penting dan lebih baik jika makanan ini langsung dimakan (mentah) karena pelapis berbasis gula atau garam akan menaikkan kandungan kalori yang akan membuat lebih banyak tekanan pada jantung dan pembuluh darah.

ini dia Makanan yang Mengandung Kolesterol Tinggi

Posted by: Adi W Sanjaya Updated at : 20:49
Cara yang baik dalam melakukan pendekatan rencana diet rendah kolesterol adalah dengan berhati-hati terhadap makanan kolesterol tinggi:

Makanan Tinggi akan Kolesterol


Asosiasi Jantung di Amerika (AHA) merekomendasikan 300mg konsumsi kolesterol per hari untuk umumnya setiap orang. Namun, jika Anda memiliki kadar kolesterol tinggi, dokter mungkin menyarankan Anda untuk makan lebih sedikit dari ini, sering terjadi di bawah batas 200mg.

Sebagai aturan, makanan tinggi protein dan lemak jenuh juga merupakan makanan kolesterol tinggi, sementara makanan dengan tingkat tinggi serat cenderung menurunkan kolesterol makanan.

Telur
Misalnya, satu telur untuk sarapan akan memberi Anda setara 220mg kolesterol langsung, dan itu sebelum Anda menambahkan 50mg atau lebih dengan susu penuh lemak pada sereal atau krim dalam kopi Anda. Keju juga tinggi di kedua lemak jenuh dan kolesterol, namun ada kemungkinan untuk menemukan versi yang lebih ringan yang sebagian besar lemaknya sudah dihilangkan.

Daging

Daging dengan kandungan lemak tinggi juga mengandung persentase besar dari asupan kolesterol harian Anda yang disarankan , dengan hanya 4 oz (112 gr.) Steak menyediakan sekitar 75 mg, bahkan jika semua lemak sudah dipangkas.  Ketika berfokus pada makanan penurun kolesterol cobalah kemungkinan mendapatkan pemotongan paling ramping seperti tenderloin atau ujung steak dan makanlah secukupnya saja.
Ayam mungkin menjadi alternatif untuk daging merah, tetapi Anda harus selektif tentang bagian mana yang Anda makan. Sebuah kaki ayam dengan kulit dapat memiliki lebih banyak kolesterol daripada hamburger.
Bagian terbaik untuk makan adalah dada ayam bebas kulit.

Mentega dan Produk Susu

Karena proses manufaktur, mentega dan margarin, dan produk susu sebagian  memang  diproses, sangat tinggi lemak jenuh dan kolesterol, dan mungkin berisi hingga 80% lemak.
Jika Anda menggunakan banyak mentega untuk memasak, cobalah memakai semprotan, yang berisi lebih sedikit kalori sementara masih memberikan Anda kekuatan penggorengan yang sama.
Mayones juga mengandung banyak LDL (kolesterol jahat), sehingga Anda akan perlu mempertimbangkan berapa banyak makanan tersebut menyebar pada sandwich Anda.

Hidangan laut

Jika Anda penggemar seafood, Anda akan kecewa jika anda tahu bahwa 3 ons (84 gr) porsi lobster bisa mengandung 61mg kolesterol, dan itu tanpa menambahkan mentega.
Ini bisa menjadi makanan yang cukup berbahaya, dimana rata-rata lobster akan menghasilkan sekitar 7 ons daging, memberi Anda hampir setengah rata-rata kadar kolesterol yang direkomendasikan dalam satu sajian.

Bagian tersulit dalam menghindari makanan dengan kadar kolesterol tinggi adalah bahwa informasi tentang jumlah kolesterol dalam makanan tertentu seringkali sulit untuk ditemukan.

Undang-undang mengharuskan produsen makanan untuk menampilkan informasi seperti jumlah kalori, kadar garam dan lemak jenuh, tetapi angka kolesterol cenderung tidak dimasukkan pada bungkus makanan. Hal ini dapat membuat Anda sulit untuk menemukan makanan penurun kolesterol.

Salah satu cara yang pasti untuk mendapatkan informasi terbaik tentang kadar kolesterol dalam makanan adalah dengan langsung menemui seorang profesional kesehatan yang mengetahui angka yang tepat dan sumber informasi yang akurat.

Kolesterol Baik dan Kolesterol Jahat

Posted by: Adi W Sanjaya Updated at : 17:48
Untuk memahami kadar kolesterol yang sehat itu seperti apa maka sangat penting untuk memahami perbedaan antara kolesterol "baik" dan "jahat".

Kolesterol Jahat, atau secara ilmiah disebut low density lipoprotein (LDL), dibawa ke sel-sel dengan mengambil sebanyak yang mereka butuhkan, dan meninggalkan kelebihannya untuk kembali ke aliran darah.

Kepadatan rendah berarti bahwa kolesterol tersebut tidak mengalir melalui sistem darah dengan baik jadi coba tebak? Akibatnya kolesterol ini cenderung untuk menempel pada dinding arteri Anda. Zat yang lengket ini disebut plak, dan inilah  yang menyebabkan penyumbatan, penurunan aliran darah dan pembekuan.
Oleh karena itu, disebut kolesterol jahat!

Kolesterol Baik, lebih formal dikenal sebagai high density lipoprotein (HDL), lebih mudah dialirkan kembali ke hati untuk dipecah. Jadi tidak menimbulkan masalah di sana.

Ada hal lain yang baik tentang HDL (kolesterol baik), :

HDL sebenarnya menempel pada LDL (kolesterol jahat), sehingga Anda akan menemukan bahwa kolesterol dengan kolesterol rendah seringkali memiliki kadar kolesterol HDL yang lebih besar karena kolesterol baik sebenarnya memiliki cara untuk menghilangkan kolesterol jahat dari sistem anda.

Tingkat Kolesterol Sehat

Ketika darah Anda diuji oleh dokter untuk mengetahui kadar kolesterolnya, mereka akan mengukur jumlah keseluruhan kolesterol dalam sistem anda dan juga jumlah masing kolesterol HDL dan LDL.

Tingkat Kolesterol Total yang sehat dipertimbangkan berada kurang dari lima milimol (mmol) per liter darah, dengan KURANG dari tiga mmol kolesterol jahat dan LEBIH dari satu mmol kolesterol baik.

Ini adalah hal utama yang perlu Anda ketahui dan mengerti tentang kadar kolesterol yang sehat dalam kisaran kolesterol.

Jika darah Anda memiliki nilai-nilai diluar rentang tersebut maka Anda mungkin akan perlu mencari makanan penurun kolesterol untuk menghindari masalah kesehatan seperti:

* Serangan jantung
* Stroke
* Diabetes

Sebagai catatan umum, hampir mustahil untuk menghentikan kolesterol sepenuhnya dari diet Anda karena beberapa ada yang hadir kebanyakan dalam bentuk protein (atau makanan yang memang anda sangat inginkan).

Apa yang perlu Anda pertimbangkan manakala Anda aktif bertujuan untuk mendapatkan tingkat kolesterol baik adalah apakah apa yang Anda makan tinggi HDLnya atau LDLnya.

Apa itu Kolesterol dan apa kegunaannya

Posted by: Adi W Sanjaya Updated at : 17:42
Apakah Kolesterol itu?
Sebelum Anda mulai mencoba untuk memburu makanan rendah kolesterol, ada baiknya untuk mengetahui apa yang dimaksud dengan kolesterol dan mengapa tubuh Anda memproduksi kolesterol.

Kolesterol adalah zat lemak yang diproduksi oleh hati Anda, dan ditemukan di setiap sel dalam tubuh Anda.
Kolesterol memiliki beberapa fungsi utama, termasuk diantaranya adalah:

* Menjaga dinding sel tetap sehat dan fleksibel untuk mengakomodir beragam kondisi suhu tubuh Anda sepanjang hari
* Membuat hormon yang membawa pesan ke sel-sel Anda, memberitahu mereka bagaimana dan kapan harus burubah
* Membuat Vitamin D yang penting untuk membantu kalsium diserap di usus Anda, memberikan Anda tulang yang kuat
* Membuat asam empedu yang merupakan bagian dari tubuh Anda yang bertanggung jawab untuk memecah sel-sel lemak

Jadi jelaslah bahwa kolesterol adalah bagian penting untuk mendukung proses kimiawi tubuh Anda bukan? Nah, itulah sebabnya tubuh Anda secara otomatis menghasilkan lebih dari 80% kolesterol yang dibutuhkan setiap hari.

Jadi, bagaimana dengan sisa 20%? Persentase ini berasal dari diet Anda. Terutama dari makanan seperti daging dan produk susu yang merupakan makanan tinggi kolesterol.

Dan tahukah Anda? Kolesterol itu ada 2 jenis, Ada kolesterol baik dan kolesterol jahat.

Pada dasarnya, diet Anda perlu untuk memasukkan sedikit makanan dengan kolesterol baik, tapi di sinilah yang menarik:
Semakin banyak makanan kolesterol tinggi yang Anda makan, semakin banyak pula tubuh anda  sendiri memproduksi kolesterol, sementara semakin sedikit makanan kolesterol lebih rendah yang Anda konsumsi, semakin kurang juga tubuh Anda memproduksi kolesterol.

Sederhananya, Makan terlalu banyak kolesterol dan Anda akan berakhir dengan apa yang disebut TERLALU BANYAK kolesterol, dan makan terlalu sedikit kolesterol dan Anda akan berakhir dengan apa yang disebut TERLALU KECIL kolesterol. Menarik, bukan? Inilah apa yang disebut pengetahuan, dan yang paling penting adalah keseimbangan.

Alasan Sibuk membuat Anda Makan Makanan Kolesterol Tinggi

Banyak orang makan makanan cepat saji.
Kenapa tidak? Kami sibuk. Stress. Jadi, sering, kita tidak meluangkan waktu untuk makan dengan baik tapi mengambil sesuatu yang lebih cepat.

Coba perhatikan ini: Kebanyakan makanan cepat saji merupakan makanan kolesterol tinggi. Dengan demikian, makanan cepat saji akan mendorong tubuh Anda sendiri untuk menciptakan lebih banyak kolesterol, dan Anda akan berakhir dengan terlalu banyak kolesterol.

Inilah sebabnya mengapa dokter meminta orang untuk mencoba makan makanan penurun kolesterol sebagai bagian dari diet yang terkontrol.

Bagaimana Cara Menurunkan Kolesterol Secara Alami

Posted by: Adi W Sanjaya Updated at : 19:37
Kolesterol adalah substansi yang lengket yang dihasilkan dari lemak pada makanan yang kita makan. Kolesterol diperlukan oleh berbagai proses metabolisme didalam tubuh, akan tetapi jika kadar kolesterol ini terlalu banyak di dalam darah Anda, hal ini bisa berbahaya.

Masalahnya akan muncul manakala kolesterol mulai menumpuk di dinding pembuluh darah kita sehingga menyebabkan penyempitan pembuluh darah yang bisa berujung pada serangan jantung. Lantas bagaimana cara menurunkan kolesterol secara alami?

Seperti sudah diketahui, kolesterol terbagi menjadi dua jenis yaitu HDL dan LDL. LDL adalah jenis kolesterol jahat yang akan menempel di dinding pembuluh darah, sementara HDL sebaliknya adalah jenis kolesterol baik yang akan mengumpulkan kolesterol LDL dan membawanya kembali ke hati (liver).

Penyebab kadar kolesterol tinggi dalam darah:
* Pola makan yang tidak tepat yang umumnya karena terlalu banyak lemak (penyebab utama)
* Kecenderungan Faktor Turunan
* Stress   
* Kegemukan
* Merokok
* Masalah Thyroid

Bagaimana cara menurunkan kolesterol Secara Alami

Dari semua informasi tentang gizi, kolesterol mungkin yang paling sedikit dipahami. Hal yang seringkali membuat bingung berasal dari fakta bahwa kolesterol dalam makanan tidak selalu sama halnya seperti kolesterol dalam darah kita. Kolesterol dalam makanan dapat mempengaruhi kadar kolesterol, tetapi tidak selalu harus seperti itu. Studi menunjukkan bahwa hanya sepertiga dari orang yang rentan terhadap kolesterol dari makanan, sementara lainnya dapat menerima dalam jumlah besar tanpa mempengaruhi kolesterol darah mereka. Hati kita sendiri dapat menghasilkan kolesterol, akan tetapi pada kebanyakan orang produksinya akan berkurang setelah mereka menerima banyak kolesterol dari makanan. Oleh karena itu, pengurangan kolesterol bukan semata-mata tentang bagaimana menghindari makanan yang memiliki kadar kolesterol.


Hal lain yang penting untuk dimengerti adalah bahwa lemak jenuh dan lemak trans memiliki dampak dua kali lebih besar pada kolesterol darah dibandingkan kolesterol dari makanan. Oleh sebab itu, pengurangan jenis lemak ini dalam pola makan harus menjadi senjata utama Anda dalam mengatasi kolesterol darah.


Jumlah lemak dalam total kalori yang Anda asupkan seyogyanya tidak boleh lebih tinggi dari 30%, kira-kira sekitar 66 gram lemak untuk orang dewasa rata-rata. Sebagai contoh hamburger dengan 100 gram daging kira-kira memiliki sekitar 21 gram lemak.


Tentu saja, jika Anda memiliki kolesterol tinggi, Anda tetap harus cermat menilai jumlah kolesterol dalam makanan yang Anda konsumsi. Misalnya makanan seperti jeroan, telur dan kerang. Makanan seperti ini harus  anda batasi, meskipun pengaruhnya tidak sama pada setiap orang.


Ketiga yang berguna untuk Anda ketahui adalah bahwa sayuran dan buah-buahan umumnya tidak memiliki kolesterol. Oleh sebab itu, maka diet Anda seyogyanya akan lebih baik jika berorientasi pada makanan nabati. Hal ini bukan cuma karena makanan nabati tidak memiliki kolesterol, tetapi juga karena mengandung zat yang dapat menurunkan LDL (kolesterol jahat) dalam darah. Zat-zat ini disebut sterol dan stanol. Selain itu buah-buahan dan sayuran juga mengandung serat yang juga memiliki efek positif pada kolesterol.

Salah satu tanaman pangan yang secara khusus efektif dalam menurunkan kolesterol adalah biji rami. Tanaman ini sudah terbukti dapat menurunkan kolesterol hingga 10%. Anda dapat mencampurkan biji rami giling dalam yogurt atau tambahkan kedalam tepung ketika Anda membuat kue.


Ringkasnya cara menurunkan kolesterol secara alami dapat dirangkum seperti dibawah ini:

* Mengurangi lemak jenuh dalam makanan (sedikit margarin, mentega, keju keras dan daging berlemak)
* Makan makanan yang memiliki sedikit kolesterol
* Makan lebih banyak sayuran dan buah-buahan karena tidak mengandung kolesterol
* Turunkan berat badan beberapa kilogran
* Gunakan tanah biji rami dalam berbagai hidangan

Rekomendasi yang paling umum adalah makanlah "tidak lebih dari 2 sampai 6" telur seminggu untuk menghindari masalah dengan kolesterol, meski memang tidak sesederhana itu. Beberapa orang bisa makan sampai 7 telur per hari tanpa ada dampak buruk pada kolesterol, karena sebenarnya telur juga dapat meningkatkan HDL (kolesterol baik), yang mengumpulkan kolesterol jahat dari darah dan membawanya kembali ke hati. Dengan kata lain, akan jauh lebih efektif jika Anda mencoba untuk menurunkan kadar kolesterol Anda dengan mengurangi lemak jenuh dalam makanan dan beralih ke tak jenuh (misalnya minyak zaitun).

Pada akhirnya, sekalipun Anda sudah tahu bagaimana cara menurunkan kolesterol secara alami, tapi penting untuk dicatat bahwa sebaiknya untuk orang dewasa selalu rutin memeriksakan kadar kolesterol  setidaknya sekali  atau dua tahun sekali.Ini karena kita tidak pernah tahu bagaimana kondisi pembuluh darah saat ini, sementara gejala penyakit jantung biasanya lambat diketahui.