Find Other Article...
Kolesterol Baik dan Kolesterol Jahat

Kolesterol Baik dan Kolesterol Jahat

Kolesterol Baik dan Kolesterol Jahat

Posted by: Adi W Sanjaya Updated at : 17:48
Untuk memahami kadar kolesterol yang sehat itu seperti apa maka sangat penting untuk memahami perbedaan antara kolesterol "baik" ...
Untuk memahami kadar kolesterol yang sehat itu seperti apa maka sangat penting untuk memahami perbedaan antara kolesterol "baik" dan "jahat".

Kolesterol Jahat, atau secara ilmiah disebut low density lipoprotein (LDL), dibawa ke sel-sel dengan mengambil sebanyak yang mereka butuhkan, dan meninggalkan kelebihannya untuk kembali ke aliran darah.

Kepadatan rendah berarti bahwa kolesterol tersebut tidak mengalir melalui sistem darah dengan baik jadi coba tebak? Akibatnya kolesterol ini cenderung untuk menempel pada dinding arteri Anda. Zat yang lengket ini disebut plak, dan inilah  yang menyebabkan penyumbatan, penurunan aliran darah dan pembekuan.
Oleh karena itu, disebut kolesterol jahat!

Kolesterol Baik, lebih formal dikenal sebagai high density lipoprotein (HDL), lebih mudah dialirkan kembali ke hati untuk dipecah. Jadi tidak menimbulkan masalah di sana.

Ada hal lain yang baik tentang HDL (kolesterol baik), :

HDL sebenarnya menempel pada LDL (kolesterol jahat), sehingga Anda akan menemukan bahwa kolesterol dengan kolesterol rendah seringkali memiliki kadar kolesterol HDL yang lebih besar karena kolesterol baik sebenarnya memiliki cara untuk menghilangkan kolesterol jahat dari sistem anda.

Tingkat Kolesterol Sehat

Ketika darah Anda diuji oleh dokter untuk mengetahui kadar kolesterolnya, mereka akan mengukur jumlah keseluruhan kolesterol dalam sistem anda dan juga jumlah masing kolesterol HDL dan LDL.

Tingkat Kolesterol Total yang sehat dipertimbangkan berada kurang dari lima milimol (mmol) per liter darah, dengan KURANG dari tiga mmol kolesterol jahat dan LEBIH dari satu mmol kolesterol baik.

Ini adalah hal utama yang perlu Anda ketahui dan mengerti tentang kadar kolesterol yang sehat dalam kisaran kolesterol.

Jika darah Anda memiliki nilai-nilai diluar rentang tersebut maka Anda mungkin akan perlu mencari makanan penurun kolesterol untuk menghindari masalah kesehatan seperti:

* Serangan jantung
* Stroke
* Diabetes

Sebagai catatan umum, hampir mustahil untuk menghentikan kolesterol sepenuhnya dari diet Anda karena beberapa ada yang hadir kebanyakan dalam bentuk protein (atau makanan yang memang anda sangat inginkan).

Apa yang perlu Anda pertimbangkan manakala Anda aktif bertujuan untuk mendapatkan tingkat kolesterol baik adalah apakah apa yang Anda makan tinggi HDLnya atau LDLnya.
Title : Kolesterol Baik dan Kolesterol Jahat
Description :