Find Other Article...
Bagaimana Cara Menurunkan Kolesterol Secara Alami

Bagaimana Cara Menurunkan Kolesterol Secara Alami

Bagaimana Cara Menurunkan Kolesterol Secara Alami

Posted by: Adi W Sanjaya Updated at : 19:37
Kolesterol adalah substansi yang lengket yang dihasilkan dari lemak pada makanan yang kita makan. Kolesterol diperlukan oleh berbagai proses...
Kolesterol adalah substansi yang lengket yang dihasilkan dari lemak pada makanan yang kita makan. Kolesterol diperlukan oleh berbagai proses metabolisme didalam tubuh, akan tetapi jika kadar kolesterol ini terlalu banyak di dalam darah Anda, hal ini bisa berbahaya.

Masalahnya akan muncul manakala kolesterol mulai menumpuk di dinding pembuluh darah kita sehingga menyebabkan penyempitan pembuluh darah yang bisa berujung pada serangan jantung. Lantas bagaimana cara menurunkan kolesterol secara alami?

Seperti sudah diketahui, kolesterol terbagi menjadi dua jenis yaitu HDL dan LDL. LDL adalah jenis kolesterol jahat yang akan menempel di dinding pembuluh darah, sementara HDL sebaliknya adalah jenis kolesterol baik yang akan mengumpulkan kolesterol LDL dan membawanya kembali ke hati (liver).

Penyebab kadar kolesterol tinggi dalam darah:
* Pola makan yang tidak tepat yang umumnya karena terlalu banyak lemak (penyebab utama)
* Kecenderungan Faktor Turunan
* Stress   
* Kegemukan
* Merokok
* Masalah Thyroid

Bagaimana cara menurunkan kolesterol Secara Alami

Dari semua informasi tentang gizi, kolesterol mungkin yang paling sedikit dipahami. Hal yang seringkali membuat bingung berasal dari fakta bahwa kolesterol dalam makanan tidak selalu sama halnya seperti kolesterol dalam darah kita. Kolesterol dalam makanan dapat mempengaruhi kadar kolesterol, tetapi tidak selalu harus seperti itu. Studi menunjukkan bahwa hanya sepertiga dari orang yang rentan terhadap kolesterol dari makanan, sementara lainnya dapat menerima dalam jumlah besar tanpa mempengaruhi kolesterol darah mereka. Hati kita sendiri dapat menghasilkan kolesterol, akan tetapi pada kebanyakan orang produksinya akan berkurang setelah mereka menerima banyak kolesterol dari makanan. Oleh karena itu, pengurangan kolesterol bukan semata-mata tentang bagaimana menghindari makanan yang memiliki kadar kolesterol.


Hal lain yang penting untuk dimengerti adalah bahwa lemak jenuh dan lemak trans memiliki dampak dua kali lebih besar pada kolesterol darah dibandingkan kolesterol dari makanan. Oleh sebab itu, pengurangan jenis lemak ini dalam pola makan harus menjadi senjata utama Anda dalam mengatasi kolesterol darah.


Jumlah lemak dalam total kalori yang Anda asupkan seyogyanya tidak boleh lebih tinggi dari 30%, kira-kira sekitar 66 gram lemak untuk orang dewasa rata-rata. Sebagai contoh hamburger dengan 100 gram daging kira-kira memiliki sekitar 21 gram lemak.


Tentu saja, jika Anda memiliki kolesterol tinggi, Anda tetap harus cermat menilai jumlah kolesterol dalam makanan yang Anda konsumsi. Misalnya makanan seperti jeroan, telur dan kerang. Makanan seperti ini harus  anda batasi, meskipun pengaruhnya tidak sama pada setiap orang.


Ketiga yang berguna untuk Anda ketahui adalah bahwa sayuran dan buah-buahan umumnya tidak memiliki kolesterol. Oleh sebab itu, maka diet Anda seyogyanya akan lebih baik jika berorientasi pada makanan nabati. Hal ini bukan cuma karena makanan nabati tidak memiliki kolesterol, tetapi juga karena mengandung zat yang dapat menurunkan LDL (kolesterol jahat) dalam darah. Zat-zat ini disebut sterol dan stanol. Selain itu buah-buahan dan sayuran juga mengandung serat yang juga memiliki efek positif pada kolesterol.

Salah satu tanaman pangan yang secara khusus efektif dalam menurunkan kolesterol adalah biji rami. Tanaman ini sudah terbukti dapat menurunkan kolesterol hingga 10%. Anda dapat mencampurkan biji rami giling dalam yogurt atau tambahkan kedalam tepung ketika Anda membuat kue.


Ringkasnya cara menurunkan kolesterol secara alami dapat dirangkum seperti dibawah ini:

* Mengurangi lemak jenuh dalam makanan (sedikit margarin, mentega, keju keras dan daging berlemak)
* Makan makanan yang memiliki sedikit kolesterol
* Makan lebih banyak sayuran dan buah-buahan karena tidak mengandung kolesterol
* Turunkan berat badan beberapa kilogran
* Gunakan tanah biji rami dalam berbagai hidangan

Rekomendasi yang paling umum adalah makanlah "tidak lebih dari 2 sampai 6" telur seminggu untuk menghindari masalah dengan kolesterol, meski memang tidak sesederhana itu. Beberapa orang bisa makan sampai 7 telur per hari tanpa ada dampak buruk pada kolesterol, karena sebenarnya telur juga dapat meningkatkan HDL (kolesterol baik), yang mengumpulkan kolesterol jahat dari darah dan membawanya kembali ke hati. Dengan kata lain, akan jauh lebih efektif jika Anda mencoba untuk menurunkan kadar kolesterol Anda dengan mengurangi lemak jenuh dalam makanan dan beralih ke tak jenuh (misalnya minyak zaitun).

Pada akhirnya, sekalipun Anda sudah tahu bagaimana cara menurunkan kolesterol secara alami, tapi penting untuk dicatat bahwa sebaiknya untuk orang dewasa selalu rutin memeriksakan kadar kolesterol  setidaknya sekali  atau dua tahun sekali.Ini karena kita tidak pernah tahu bagaimana kondisi pembuluh darah saat ini, sementara gejala penyakit jantung biasanya lambat diketahui.